Uncategorized

E-Book Indonesia Menggugat Karya Soekarno

E-Book Indonesia Menggugat karya Seokerno ini menjelaskan bahwa, bukan saja di dalam dua macam itu imperialisme bisa kita bagikan,–imperiaisme juga bisa kita bagikan dalam imperialisme-tua dan imperialisme-modern. Bukankah besar bedanya imperialismetua bangsa Portugis dan Spanyol atau East India Company Inggris atau Oost Indische Compagnie Belanda dalam abad ke-16, 17 dan 18— dengan imperialisme-modern yang kita lihat dalam abad ke-19 atau 20, imperialisme-modern yang mulai menjalar ke mana-mana sesudah kapitalisme-modern bertakhta kerajaan di benua Eropa dan di benua Amerika Utara?

Imperialisme-modern, –imperialisme-modern yang kini merajalela di seluruh benua dan kepulauan Asia dan yang kini kami musuhi itu,–imperilisme-modern itu adalah anak kapitalisme-modern. Imperialisme-modern pun sudah mempunyai perpustakaan,–tetapi belum begitu terkenal di dalam arti-artinya dan rahasia-rahasianya sebagai soal kapitalisme. Imperialisme-modern itu, oleh karenanya, Tuan-tuan Hakin, mau kami dalilkan artinya agak lebar sedikit dari buku-buku satu dua. Kami tidak akan mendalilkan buku Sternberg “Der-Imperialismus” yang walau sangat menarik hati dan tinggi ilmu toh roda “kering” untuk mendengarkannya, –kami mendalilkan Mr. Pieter Jalles Troelstra, pemimpin Belanda yang baru wafat, yang menulis: [i]

“Yang saya artikan dengan imperialisme ialah kejadian, bahwa kapital besar sesuatu negeri yang sebagian besar dikuasai bankbank, mempergunakan politik luar negeri dari negeri itu untuk kepentingannya sendiri.”

E-book Indonesia Menggugat ini bisa diunduh di sini

Related posts

5 Things The Stock Market Doesn’t Give A Hoot About

admin

Skills shortage a major issue for SG employers in e-commerce era

admin

Financial Gravity Hosts AI Design Challenge For Tax Planning Software

admin

Leave a Comment